Skyline Nissan GT-R adalah mobil sport Jepang yang berbasis pada kisaran Nissan Skyline.
Yang pertama GT-R yang diproduksi 1969-1973. Setelah absen 16 tahun sejak KPGC110 pada tahun 1972, nama GT-R dihidupkan kembali pada tahun 1989 dengan Skyline R32. Mobil ini dijuluki "Godzilla" oleh publikasi otomotif Australia "Roda" pada edisi Juli 1989, sebuah nama yang menempel pada hari ini. The R32 GT-R didominasi motorsport di Jepang, memenangkan 29 kemenangan langsung dari 29 ras. GT-R melanjutkan untuk memenangkan Grup A kejuaraan seri JGTC 4 tahun berturut-turut, dan juga telah sukses di Australia Touring Car Championship menang dari 1990-1992, sampai perubahan regulasi dikecualikan GT-R pada tahun 1993. [1] Skyline GT-R (R33) juga mobil produksi pertama untuk putaran Nürburgring legendaris di bawah delapan menit.
Skyline GT-R menjadi unggulan dari kinerja Nissan, menampilkan teknologi canggih termasuk ATTESA-ETS 4WD sistem dan Super-HICAS empat roda kemudi. GT-R tetap murah dibandingkan dengan saingan Eropa, dengan harga-daftar dari ¥ 4.500.000 (US $ 31.000). Saat ini, mobil yang populer untuk Tarik impor Racing, Sirkuit Jalur, Time Attack dan acara diselenggarakan oleh majalah tuning. GT-R adalah pemenang dalam Serangan 2007 Waktu Tsukuba diadakan di Jepang-M-GT Speed-R (9 dari 15 mobil atas terdiri dari GT-Rs). Produksi Skyline GT-R berakhir pada bulan Agustus 2002. Mobil itu digantikan oleh GT-R, kendaraan independen tidak dijual sebagai suatu Skyline.
Skyline GT-R tidak pernah diproduksi di luar Jepang, dan pasar ekspor satunya adalah Hong Kong, Australia dan Inggris, pada tahun 1991, [2] dan Selandia Baru seperti yang digunakan impor Jepang. Meskipun mobil ini telah menjadi ikon mobil sport, termasuk di negara-negara dari Dunia Barat (terutama Inggris, Australia, Selandia Baru, Irlandia dan Kanada) [3] [4]. [5] Hal ini telah menjadi terkenal melalui budaya pop seperti game bioskop dan video seperti The Fast and Furious seri, Initial D, Shakotan Boogie, Midnight Wangan, dan Gran Turismo.
Mobil itu dinamai oleh Top Gear BBC sebagai satu-satunya kontribusi Jepang benar di garis supercar [6]. Mobil itu juga dinamai oleh presenter utama acara, Jeremy Clarkson, sebagai salah satu mobil terbaik di dunia. [ 7] [8]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar